Jumat, 07 Desember 2007

REPLEKSI TAHUN 2007



Kita semua patut bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang sudah memimpin perjalanan hidup kita sampai pada bulan Desember 2007. Setiap bulan Desember adalah saat yang paling tepat meenungkan sejenak perjalanan hidup kita dan menengok kebelakang (perkara-perkara besar atau perkara-perkara kecil apa yang Tuhan sudah perbuat dalam kehidupan kita). Bulan Desember awal yang baik juga untuk memikirkan satu tahun ke depan (Tantangan, masalah, dan perkara-perkara yang baik dan indah yang bisa kita dapatkan). Apapun yang bisa kita renungkan dan pikirkan serta yang dapat kita rencanakan jangan pernah melupakan akan janji Tuhan dalam Ulangan ll : ll dikatakan : "Negeri yang dipelihara oleh Tuhan, Allahmu tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun." Tuhan senantiasa mengawasi/menjaga tanah tempat tinggal umatNya sehingga seluruh umat Tuhan aman terpelihara. Dan syarat untuk mengalami pemeliharaan Tuhan dari awal hingga akhir tahun adalah : Berpegang teguh pada seluruh perintah / Firman Tuhan. Firman Allah harus senantiasa menjadi pegangan hidup kita.

Bangsa Israel yang keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian adalah gambaran dari kita semua yang keluar dari Mesir rohani, yaitu penjajahan dosa, berjalan menuju tanah perjanjian, yaitu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madu. Tuhan kita Yesus Kristus megnatakan,Ia datang agar domba-dombaNya mempunyai kehidupan yang berkelimpahan. Tanah perjanjian yang kita tuju adalah kehidupan yang berkelimpahan. Rasul Yohanes berdoa agar kita baik-baik yaitu mempunyai hidup yang berkelimpahan, jasmani dan rohani. Kalau di Mesir harus menabur benih dan megnairi tanah dengan jerih payah, di tanah perjanjian, bangsa israel mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit. Air/hujan berbicara dari Roh Kudus. Bila tetap berpegang pada seluruh perintah Tuhan, kita akan mengalami siraman hujan Roh Kudus.

Beberapa Minggu lagi kita akan mengakhiri tahun 2007, mari tempatkan diri seperti pemazmur yang mengingat apa yang dilakukannya pada awal tahun sambil memandang ke depan.

Mazmur 119:57-61......Mengingat masa lalu : ayat 57 :"You are my portion, O Lord, I have said that I would keep Your word". Ayat 58:"I entreated your favor.....". Ayat 59: "I thought my ways and turned my feet......". Ayat 60: "I made haste and did not delay to keep.....". Ayat 61: "The cords of the wicked have bound me, but I have not forgotten.....". Sejak semula, pemazmur telah berjalan sesuai dengan Firman Tuhan, bahkan ketika mengalami kesukaran, ketika tali-tali orang jahat telah membelitnya, ia tetap tidak melupakan Firman Allah.

Mazmur 119 : 62-64.........Memandang ke Depan : Ayat 62:"At midnight I will rise to give thanks........" Ayat 63: "I am a companion of all who fears you......" Ayat 64:"The earth, O Lord, is full of....." Berdiri pada akhir tahun 2007, biarlah kita seprti pemazmur, kita menoleh ke belakang, mengingat janji kita untuk tetap berpegang pada Firman Tuhan, bahkan dalam menghadapi masa-masa yang sukar. Firman Tuhan adalah kekuatan kita. Firman tuhan tidak pernah gagal dan tidak pernah kembali dengan sia-sia. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi Firman Tuhan tetap sampai selama-lamanya. Marilah kita semua berterima kasih kepada Tuhan sebab Firman-Nya telah menguatkan kita sepanjang tahun-tahun yang lalu. Sebagaimana Tuhan telah memelihara kita sepanjang tahun 2007, percayalah Ia akan tetap menjaga dan memelihara kita semua sejak awal hingga akhir tahun yang baru 2008. Tuhan memberti.


Salam, Succes is my right


Drs.Petrus Souisa,M.Ed

Helena Sabuin,M.Ed