Rabu, 12 Maret 2008

Artikel

TUJUAN DAN PERANAN PAKAIAN SERAGAM
Oleh: Helena Elizabeth Souisa, M.Ed




Satu ungkapan mengatakan sebagai berikut: "Apa yang terbaik yang dapat kita capai, adalah semuanya tergantung kepada individunya."


Kalau kita simak dari ungkapan tersebut, maka prinsip inipun dapat kita terapkan dan berlaku juga pada berbagai kebutuhan yang lainnya. Sebagai contoh dalam penggunaan pakaian seragam sekolah. Tidak ada sesuatu yang sulit kita laksanakan kalau kita ada kemauan yang baik menurut pada peraturan sekolah setiap hari senin menggunakan pakaian seragam putih lengan panjang dan dasi, Hari rabu seragam batik dan dasi, Hari Selasa, Kamis, Jum'at putih lengan pendek dan dasi. Dan masih kelihatan beberapa siswa belum menyadari pentingnya penggunaan pakaian seragam sekolah secara lengkap baik SMP maupun SMA yang sudah ditentukan oleh Sekolah. Apapun menjadi alasanmu, kalau kita ada kemauan yang baik untuk melengkapi apa yang sudah dianjurkan oleh sekolah adalah sesuatu yang tidak sulit untuk kita laksanakan. Kalau kita mau simak dan telusuri penggunaan dan peranan pakaian seragam, untuk pertama kalinya penggunaan pakaian seragam digunakan dalam bidang kemiliteran. Dalam ensiklopedia Americana dikatakan bahwa peranan dan tujuan dari penggunaan pakaian seragam oleh pihak kemiliteran secara umum ada tiga yaitu:
  1. Untuk memberikan perlindungan kepada pemakainya terhadap cuaca/alam dan terhadap bahaya dari pertempuran.
  2. Untuk membedakan orang-orang militer dari orang-orang non-militer, dan untuk membedakan kawan atau lawan.
  3. Untuk membantu pemuasan faktor-faktor moril dan rasa kebersamaan dalam satu kesatuan.

Uniform/pakaian seragam modern lahir pada abad ke-17 bersamaan dengan munculnya tentara-tentara nasional di Eropah Barat dan mencapai puncak kejayaan perkembangannnya pada pertengahan abad ke-19. Dan mulai awal abad ke 20, pakaian seragam militer dibagi dalam 2 jenis:

  • Pakaian seragam upacara untuk masa damai.
  • Dan pakaian seragam lapangan untuk persembunyian dan perlindungan dalam pertempuran.

Sesudah Perang Dunia II, disemua negara didunia, pakaian seragam militer untuk tugas sehari-hari dan pakaian seragam tempur cenderung untuk sederhana, praktis dan ekonomis.

Tujuan dan peranan pakaian seragam, bagaimanapun juga dan apapun yang dikatakan oleh para ahli, pakaian seragam memang memancarkan pengaruhnya. Baik kepada si pemakainya sendiri, mapun kepada orang lain di sekitarnya. Pakaian seragam juga mempunyai peranan kejiwaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkungan sekolah antara lain untuk memberikan identitas/sebagai identitas dan untuk memupuk disiplin setiap siswa. Dan masih banyak lagi hal yang positip peranan dari pakaian seragam. Oleh sebab itu, harapan kita semua apa yang sudah diupayakan sedemikian rupa oleh sekolah dalam membangun, memupuk sikap disiplin melalaui pakaian seragam, kita dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Salam sukses luar biasa!