Kamis, 09 Oktober 2008

MOTIVASI



MENGUBAH DUNIA DENGAN BELAJAR

Oleh: Drs. Petrus Souisa, M.Ed.

Satu Quotation yang bisa dikutip dikatakan sebagai berikut: "Dengan belajar, anda bisa mengubah dunia !!! Dan Dunia yang paling dekat dengan Anda adalah dunia pandangan, pikiran dan hati Anda."

Percaya atau tidak bahwa kita semua dengan belajar dapat mengubah dunia !! Pada mulanya, saya juga tidak percaya bahwa kita bisa mengubah dunia, tetapi setelah mengalami belajar yang sesungguhnya, baik sukses maupun gagal, ternyata bisa juga percaya bahwa kita semua bisa mengubah dunia. Caranya yaitu dengan belajar ! belajar dan belajar !. Karena dengan belajar kita bisa mengubah dunia, dan dunia yang paling dekat dengat kita adalah dunia pandangan, pikiran dan hati kita semua.
Coba kita membayangkan berikut ini : Ada 3 remaja yang sedang berlibur dan duduk santai dipinggir danau, mereka menggunakan kacamata yang berbeda yaitu menggunakan kacamata hijau, biru dan kacamata hitam. Remaja yang menggunakan kacamatan hijau mengatakan: 'Wah indahnya danau yang hijau ini........" Sedangkan remaja yang menggunakan kacamata biru mengatakan kepada si kaca mata hijau: Buta kali matamu, danau biru begini kenapa kamu katakan hijau. Remaja yang menggunakan kacamata hitam, dengan wajah yang bingung mengatakan, "Kalian ini bagaimana, cuaca mendung begini kenapa dikatakan indah! kalian semua payah. Dari pernyataan ketiga remaja ini, atau cara pandang mereka kenapa berbeda pendapat ? Kenapa ada yang menyatakan danaunya berwarna biru, berwarna hijau, bahkan berwarna hitam. Karena mereka mengenakan kacamata yang berbeda. Mereka bisa saja ribut mempertahankan pendapatnya dan tidak ada yang paling benar. Tidak ada yang benar, karena melihat dari kacamata yang berbeda (cara memandangnya yang berbeda). Yang ingin saya garis bawahi adalah makna yang dapat kita ambil dari cara pandang yang berbeda adalah demikian halnya dengan belajar. Kalau kita memandang belajar dengan kacamata yang salah, entah itu hitam, biru, merah, atau samar-samar, maka kita akan memiliki arti atau pemahaman belajar yang terbatas. Oleh karena itu, kalau kita benar-benar berniat ingin belajar lebih baik, kita perlu awali dengan menyadari apakah kita melihat belajar sudah dari banyak sisi? Dan apakah kita sudah mengenakan kacamata yang benar untuk melihat bagaimana belajar yang baik? Sekiranya kita semua masih belum mengenakan kacamata yang benar dalam belajar, sepertinya kita perlu memakai kacamata baru untuk melihat lebih banyak sisi dari belajar, supaya bisa melihat belajar seindah warna aslinya.
Saya mengajar kita semua untuk melihat bagaimana belajar dengan menggunakan kacamata AMPUH. Apa itu kacamata Ampuh ?? Ampuh adalah sebuah akronim atau kata singkatan. Ampuh adalah ramuan dari beberapa nilai tentang belajar dalam pengertian tidak terbatas pada belajar di sekolah saja.
A hurup pertama dari kata ampuh adalah : Ambil Kesempatan. Kita perlu melihat dunia yang akan kita jalani sebagai suatu kesempatan yang harus kita manfaatkan, apabila kesempatan itu tidak kita ambil, maka akan menjadi kesempitan. M huruf kedua dari kata ampuh adalah: Mantapkan Motivasi maksudnya adalah kita perlu membekali diri dengan motivasi yang mantap, setiap langkah yang akan kita jalani adalah bagian dari sukses yang kita rencanakan dan membuat kita makin dewasa dalam berpikir dan bertindak.
P huruf ketiga dari kata Ampuh adalah Pelajari keterampilan. Modal lain yang tidak kalah pentingnya adalah keterampilan, yang dapat membuat kita lebih "AHLI" dengan menguasai keterampilan berpikir, keterampilan berpikir, keterampilan belajar dan terampil mengatur waktu. U huruf ke empat dari kacamata/ kata AMPUH adalah Usaha Optimal maksudnya adalah kita akan mengalami baik itu kegagalan dan kesuksesan; dan yang paling penting bukan tentang apa yang kita alami, melainkan yang paling penting adalah bagaimana kita menghadapi pengalaman tersebut; dimana kita butuh kunci-kunci untuk mengatasi baik itu kegagalan maupun keberhasilan.
H huruf ke lima dari Ampuh adalah Hidup seimbang. Kita tidak hanya harus memahami apa yang sudah kita yakini, akan tetapi perlu juga mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Salam tetap semangat.