Rabu, 14 November 2007

Artikel




KEMAUAN UNTUK BERHASIL
Drs.Petrus Souisa,M.Ed



Salah satu semboyan hidup orang China mengatakan: "Carilah setiap keberhasilan, segala keuntungan yang masih tersembunyi di dalam tiap situasi hidup; juga didalam nasib yang buruk !
Satu hal yang perlu dipertanyakan pada diri kita masing-masing, seberapa jauh kemauan yang kita miliki untuk mencapai keberhasilan dalam hidup ini ? Semua orang tentu ingin hidup sukses, bahagia dan beruntung dalam hidup. Untuk mencapai hidup yang sukses di tempuh dalam berbagai cara. Menyadari akan kebutuhan hidup yang sukses, maka orang-orang besar yang sukses terdorong menyumbangkan gagasannya, menyumbangkan teorinya mengenai sukses dan bagaimana cara mendapatkannya. Banyak gagasan mereka mengenai hidup sukses dimuat pada surat-surat kabar dan majalah-majalah, bahkan sudah banyak buku mengenai sukses di terbitkan. Secara ringkas, teori mengenai sukses yang mereka ajarkan:
* Percaya bahwa sukses itu dapat dicapai.
* Perlu membuat rencana-rencana dan tujuan yang hendak dicapai secara jelas sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada.
* Mengerahkan segenap potensi, kemampuan yang ada secara optimal.
* Mengembangkan sikap mental yang positip, optimis, ulet, tabah dan penuh semangat.
* Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
Setiap teori mengenai sukses umumnya dilengkapi dengan nama-nama orang sukses yang merintis dari bawah sampai mencapai puncak kejayaan dalam hidupnya. Tentu saja pelajaran mengenai sukses seperti itu sangat baik dan ada manfaatnya. Banyak teori-teori mengenai sukses yang tidak bertentangan dengan petunjuk Firman Tuhan. Namunb demikian diatas segala rencana dan tujuan yang ingin kita capai, dingatkan kalau ingin hidup sukses sebenarnya Tuhan sendiri dengan jelas mengungkapkan petunjuknya di dalam alkitab bagaimana manusia harus bertindak agar berhasil dan beruntung dalam hidupnya dengan memakai cara yang ditunjukkan Tuhan sendiri untuk mencapai keberhasilan dengan cara yang tepat. Seperti yang dikatakan dalam Yosua 1:8 (Janganlah lupa...........renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis didalamnya. Sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung). Rahasia keberhasilan dan kebahagiaan hidup, apabila kita merenungkan Firman Allah siang dan malam dan bertindak hati-hati dalam hidup ini sesuai dengan FirmanNya. Dalam ayat ini terkandung jawaban atas segala macam sukses, bukan saja dalam arti materi, tetapi juga masalah rohani dan sudah dibuktikan oleh semua orang/tokoh sukses dalam Alkitab yang mengutamakan Tuhan dan Tuhan memberkatinya secara berlimpah baik materi maupun rohani.

Salam, success is my right
Petrus Souisa