Kamis, 08 Mei 2008

Artikel






SELAMAT SUKSES DALAM KEGAGALAN


Drs. Petrus Souisa, M.Ed

Satu sebutan mengatakan sebagai berikut : “Kegagalan bukanlah hal yang terburuk, yang terburuk adalah jika kita tidak mau mencoba sesuatu.”

Pada umumnya semua orang ingin sukses, tidak ada orang yang mau gagal. Ingin sukses meraih apa yang kita inginkan, ingin sukses meraih apa yang kita harapkan, dan ingin sukses meraih apa yang kita cita-citakan. Namun sering kali kita semua lupa, bahwa untuk meraih kesuksesan bukanlah sesuatu hal yang mudah. Dengan kata lain keberhasilan dan kesuksesan dalam meraih apa yang kita cita-citakan akan selalu berhadapan dengan tantangan-tantangan dan berbagai hambagtan. Ibarat sebatang pohon semakin tinggi ia tumbuh, maka semakin besar pula, angina yang akan menghempaskannya. Oleh sebab itu, kalau kita mempunyai cita-cita yang tinggi, kitapun harus siap menghadapi tantangan yang setaraf dengan apa yang kita cita-citakan. Mungkin pada suatu waktu, anda pernah mengalami dimana sudah berusaha dengan sebaik-baiknya namun tetap gagal dan gagal. Kegagalan disini bukan berarti kita tidak ada harapan untuk meraih keberhasilan.
Meskipun kesuksesan kita gambarkan sebagai sesuatu yang tidak mudah diperoleh, namun kita harus punya keyakinan dan percaya bahwa pada dasarnya kesuksesan atau kegagalan itu adalah hak dan milik semua orang. Kalau orang lain bias, kenapa saya tidak bias ! Jadi, kalau sukses itu passti akan menjadi milik kita, maka untuk mencapainya tidak ada istilah kegagalan.
Seorang motivator Adi Gunawan mengatakan:”Kita pada dasarnya adalah orang sukses. Kita sukses mencapai keberhasilan atau sukses mencapai kegagalan.”
Sukses dan gagal adalah suatu proses. Orang yang sukses adalah orang yang telah melakukan sesuatu untuk bias mencapai keberhasilan. Demikian juga orang gagal. Orang gagal adalah orang yang sukses mencapai kegagalan. Mengapa dikatakan sukses mencapai kegagalan ? Kegagalan juga dicapai melalui serangkaian proses. Tidak mudah menjadi orang yang mau gagal. Perlu perjuangan untuk bias menjadi gagal.
Apabila kita mau berusaha dan sabar dalam menghadapi setiap tantangan mungkin langkah 1,2,3 kita gagal dan siapa tahu langkah berikutnya kita akan berhasil. Sudah barang tentu tiap orang punya cita-cita/keinginan yang berbeda dengan orang lain. Demikian juga tiap orang punya cara yang berbeda dalam meraih apa yang kita inginkan karena itu hasilnyapun kita berbeda. Mungkin hari ini gagal, sedangkan teman kita berhasil atau sebaliknya hari ini kita sukses sedangkan teman kita baru besok berhasil. Apabila kita gagal.tidak berhasil dalam meraih apa yang kita inginkan dan harapkan itu bukan berarti merupakan suatu kegagalan tetapi kesuksesan anda masih tertunda.

Salam,Success is my Right