Kamis, 08 Mei 2008

Artikel




MENGAMBIL KESIMPULAN BERHASIL

Drs. Petrus Souisa, M.Ed

Dalam beberapa minggu dan bulan mengakhiri semester tahun ajaran 2008 mari kita semua melihat pada diri sendiri, membuat suatu refleksi diri atau mengambil kesimpulan apakah dalam menghadapi tantangan semester ini kita akan lebih berhasil atau gagal dalam belajar.
Waktu yang kita batasi pada semester ini, bukan sesuatu yang amat sulit untuk bersikap jujur terhadap diri sendiri dalam menjawab apakah kita akan berhasil atau gagal dalam belajar.
Kesimpulan yang kita buat, berhasil atau tidaknya dalam belajar akan membantu kita untuk melihat diri/ mengoreksi diri terhadap hasil yang akan kita capai.
Bagi kita yang mengambil kesimpulan bahwa kita merasa optimis akan berhasil lebih baik dalam belajar, adalah baik bila tidak langsung diam, merasa cukup puas terpaku menatap keberhasilan yang telah kita capai selama ini, tetapi akan jauh lebih baik bila kita bertanya kepada diri kita sendiri …..apakah yang membuat kita berhasil dalam belajar ??
Ada banyak faktor yang mungkin dapat membantu kita berhasil :
· Mungkin faktor yang dari dalam diri kita sendiri.
Kita berhasil disebabkan disiplin diri, rajin, ulet, mampu menciptakan motivasi belajar yang baik.

· Yang mungkin dapat membantu kita berhasil faktor yang berasal dari luar diri kita; pengaruh dari lingkungan, teman – sahabat yang baik, lingkungan sekolah yang baik dan juga fasilitas belajar.

Dari kedua faktor ini mana yang berpengaruh dalam membawa keberhasilan yang akan kita capai.
Dan bagi kita yang mengambil kesimpulan merasa kurang berhasil atau gagal dalam belajar, tidak ada salahnya kalau kita mulai bertanya pada diri sendiri, kenapa saya kurang berhasil? Kenapa saya sampai gagal? Cari tahu dengan mengoreksi diri sendiri.
Yang menyebabkan kurang berhasil mungkin faktor yang berasal dari dalam dirimu: tanyakan pada dirimu apakah engkau terlalu santai? kurang disiplin, merasa kurang mampu atau sulit untuk berkonsentrasi atau mungkin ada faktor yang lain?
Yang mungkin faktor yang berasal dari luar diri kita: pengaruh dari teman-sahabat yang kurang baik, masalah keluarga, mungkin masih belum bisa menyesuaikan diri dengan peraturan sekolah atau banyak masalah yang lainnya.
Dengan mencoba mengoreksi diri paling tidak, kita sudah dapat mulai mengenal bagaimana sebenarnya kemampuan yang ada pada diri kita dan kenapa hasil yang kita capai dalam belajar begitu-begitu saja hasilnya.
Kesimpulan yang kita buat apakah berhasil atau tidak, paling tidak akan memberikan gambaran:
Kalau kita berhasil, apakah kita dapat dan mampu mempertahankan dan meningkatkan lagi dengan hasil yang lebih baik dari apa yang sudah kita capai. Dan kalau kita mengambil kesimpulan kurang berhasil, apakah kita mau, dapat dan mampu untuk bangkit, berusaha mengejar ketinggalan dan pada akhirnya membawa kita pada suatu keberhasilan.
Oleh sebab itu, bagi kita yang mengambil kesimpulan merasa optimis berhasil dalam belajar, masih ada kesempatan untuk meningkatkan prestasi dengan hasil yang lebih baik. Dan bagi kita yang mengambil kesimpulan merasa kurang berhasil dalam belajar, masih ada kesempatan untuk bangkit dan memperbaiki apa yang masih kurang dari apa yang sudah kita capai.
Hadapi setiap tantangan dalam mengakhiri semester tahun ajaran 2008 ini bukan sebagai suatu beban bagi kita, tetapi hadapi sebagai suatu tekad bahwa kita mempunyai kemampuan untuk berhasil lebih baik dalam belajar di sekolah yang kita cintai ini. Success is my right.