Rabu, 28 Mei 2008

Rahasia Orang-orang Sukses




LAWANLAH DORONGAN UNTUK

BERPRESTASI RATA-RATA


Ke mana-mana di sekeliling Anda, terdapat orang rata-rata. Mereka membuat Anda menjadi lebih seperti mereka dengan menawarkan penerimaan, dan dengan membuat Anda percaya bahwa semua orang lainnya sudah lebih seperti mereka ketimbang seperti Anda.

Tetapi "bujukan orang rata-rata" itu bisa membuat Anda mengorbankan sasaran-sasaran Anda, individualitas Anda, dan ide-ide unik Anda, dan membuat Anda menjalani kehidupan yang lebih ditentukan oleh preferensi kelompok ketimbang oleh diri Anda sendiri.

*************

"Seseorang yang ingin menjadi pemimpin harus membelakangi orang banyak", demikian bunyi tulisan di meja Ty Underwood. Ty memberikan jasa penempatan kerja bagi mereka-mereka yang diberhentikan serta bagi mereka-mereka yang secara kronis menganggur.

"Dulunya, ada sikap bahwa semuanya ini hanyalah pamer, agar pembiayaan keagenan ini terus lancar. Kami muncul, menyuruh para klien datang dan mengisi formulir, lalu menyuruh mereka pulang. Tak seorangpun berperilaku seolah-olah ada pekerjaan penting yang harus dikerjakan, tak seorangpun berperilaku seolah-olah ada potensi yang dapat digali."

Tugas pertama Ty adalah mengubah segalanya. Kepada dua pertiga stafnya, ia tidak sungkan-sungkan: "Ini surat pengunduran dirimu. Tanda-tanganilah".

Sekarang setiap harinya dimulai dengan asumsi bahwa "Semua orang yang masuk ke sini bisa berbuat lebih. Ini berlaku bagi para penasihat maupun para Klien".

Dua tahun kemudian, Ty berhasil mengubah posisi yang tadinya ia anggap memalukan menjadi teladan, dengan rekor keberhasilan penempatan kerja mencapai 71 persen.

*********

Para Psikolog telah mengamati bahwa kebiasaan buruk bisa menyebar di seluruh kantor seperti penyakit menular. Para karyawan cenderung memantulkan perilaku buruk rekan-rekan sekerja mereka, dengan faktor-faktor yang beragam mulai dari moral rendah, kebiasaan bekerja yang buruk, hingga pencurian dari pemberi kerja, semuanya meningkat akibat perilaku sesama. Greene 1999.