Kamis, 14 Februari 2008

KHAYAL BISA JADI NYATA?


Sejak zaman dulu, manusia selalau berimajinasi tentang ruang angkasa yang penuh teka-teki, sheingga di negeri bawah pena pengarang, tercipta tokoh yang luar biasa dan terkenal.
Cerita legenda Cina “Sun Go Kong” yang tidak saja bisa terbang ke angkasa, turun ke dasar laut, berjalan di atas awan, tetapi juga berubah 72 macam wujud. Ia sangat hebat. Cerita Yunani IKARUS yang mengumpulkan bulu-bulu burung lalu disambung dengan tali dan lilin untuk dijadikan sayap, terbang di angkasa. Namun begitu mendekati matahari, lilin yang ada pada sayap mencair, sehingga bulu-bulu berjatuhan. Akhirnya ia jatuh dan meninggal.
“Peterpan,” dongeng dari Inggris ini kehilangan bayangan, ditemukan oleh kakak beradik, lalu kakaknya menjahit bayangan tersebut. Untuk membalas budi mereka, Peter Pan mengajak mereka terbang ke angkasa dan mengalami berbagai pengalaman.
Selain itu, masih ada “permadani terbang” dari Arab, dan masih banyak lagi dongeng terbang ke angkasa lainnya. Inilah yang menjadi inspirasi bagi para ilmuwan terdahulu untuk membuat alat yang dapat membawa manusia terbang ke angkasa mulai bad ke-18. salah satu contohnya adalah Wright bersaudara yang berhasil membuat pesawat terbang bermesin pertama di dunia yang bernama “Flyer I” pada abad-20.
Bagaimana dengan kita? Apa yang kita bisa lakukan dengan berbagai imajinasi dan khayalan yang kita miliki? Bisakah kita seperti Wright bersaudara? Jawabnya, ada di pikiran kita masing-masing.


Oleh: Frensisca Deviantari (XI-IPA)