Jumat, 22 Februari 2008

Minum Berlebihan Menyebabkan Kematian


Dehidrasi merupakan kondisi tubuh karena kekurangan cairan. Sebelumnya ada pemikiran bahwa dehidrasi sangat berbahaya, yang sering terjadi pada seseorang yang aktif melakukan kegiatan panjang. Misalnya seorang atlet olahraga yang minum air banyak sambil berolahraga. Akibatnya, banyak orang yang membawa botol minuman ke mana-mana untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.
Pada kenyataannya, dalam beberapa keadaan, minum air yang banyak lebih berbahaya daripada kurang cukup. Mengonsumsi air berlebihan dapat menimbulkan Hiponatremia. Itu adalah suatu kondisi kadar ion Natrium (Na+) dalam darah menjadi berkurang. Kadar normal natrium dalam darah adalah 135-145 mm. Kadar ion natrium yang rendah dalam darah dapat menyebabkan kematian. Keadaan seperti ini sering dialami oleh para pelari marathon yang disebabkan keluarnya keringat bersamaan dengan banyak meminum air. Efek ini akan lebih terasa pada wanita, karena sistem metabolisme yang berbeda.
Pada saat berlari, pelari marathon bisa kehilangan 6, 5% berat tubuhnya yang menghasilkan sejumlah panas keringat yang banyak sekali. Garam (natrium) yang ada dalam tubuh ikut keluar bersama keringat. Jika pada saat itu seorang pelari minum dalam jumlah yang sangat banyak, maka akan menurunkan kadar natrium yang ada dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Hiponatremia.

Disadur dari buku Kimia, XI-IPA