Kamis, 04 Oktober 2007

BELAJAR DARI LARON MAHARAJA



Laron Maharaja, seperti dilihat dari namanya, adalah Spesies paling hebat dan unggul dari segalab Spesies Laron. Ia mempunyai sayap lebar yang mengepak dengan hebat tatkala terbang. Sebelum dewasa, ia dilahirkan sebagai larva (ulat) dan menjadi kepompong yang tinggal di dalam selaput. Dan yang sangat menarik mengenai selaput laron Maharaja adalah LEHERNYA yang begitu sempit sekali.


Untuk menjadi Laron, Kepompong laron Maharaja terpaksa keluar dari leher selaput yang sempit. Ketika melihat kepompong malang yang sedang meronta keluar dari selaput, seorang ahli Sains yang baik hati memberi bantuan dengan menggunting dan melebarkan leher pembendung supaya "MEMUDAHKAN" kepompong keluar. Dan tepat seperti yang diperkirakan kepompong keluar dengan mudah tanpa banyak meronta---tetapi hasilnya ia tidak berdaya untuk terbang, bahkan sebaliknya ia jatuh dan hanya merayap-rayap ditanah saja. Setelah beberapa hari ia mati diatas tanah dan tidak dapat hidup beterbangan di udara dengan sayap yang hebat itu.


Ternyata, untuk membuat ia terbang, ia hanya perlu menjalani proses MERONTA dan MELOLOSKAN diri keluar dari leher kepompong. Karena melalui proses meronta dan lolos inilah benda CAIR dipompa masuk ke urat-urat SAYAP yang memungkinkan terbang apabila ia keluar!


Pelajaran apa yang dapat kita ambil manfaatnya dari Kisah laron Maharaja, kisah Laron Maharaja memberi pelajaran bahwa PERJUANGAN adalah HIDUP. Kita sering mendengar Pepatah yang mengatakan "HIDUP ITU SUATU PERJUANGAN", yang dapat kita petik dari pepatah ini dan kalau kita balik uangkapan ini, maka yang kita dapatkan disana adalah "PERJUANGAN ITU HIDUP". Banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari bahwa sejak dalam kandungan kita telah berjuang. Mungkin kita tidak suka mendengarnya, tetapi sebenarnya PERJUANGAN membuat lebih hidup dan bertenaga.


Dalam banyak kejadian, alam senantiasa memberi pelajaran kepada kita. Sebagai contoh: Pohon yang diterpa angit ribut. Ia bukan saja semakin kekar, tetapi akarnya juga tumbuh semakin mendalam ke tanah. Pohon yang berebut mendapatkan cahaya matahari di hutan rimba, akan lebih kuat dari pada tumbuhan menjalar pada batang dan dahan atau tumbuhan pakis yang tumbuh tertutup daun.


Pohon-pohon yang paling kuat di hutan bukanlah pohon yang paling di lindungi. Pohon-pohon ini harus berjuang menghadapi berbagai tantangan dari pohon-pohon lain dan mengalahkan mereka agar tetap bertahan hidup. Pohon-pohon yang berjuang melawan alam jauh lebih kuat dan keras di bandingkan pohon-pohon OAK yang terlindungi di tengahhutan. Untuk membuat RODA kereta kuda, menggunakan kayu yang berasal dari pohon-pohon yang telah berjuang, kemudian membengkokkannya menjadi segmen-segmen yang berbentuk busur tanah, tanpa menguatirkan nantinya kayu itu patah. Karena pohon-pohon itu telah berjuang, maka pohon-pohon itu tumbuh menjadi cukup kuat untuk menanggung beban-beban terberat sekalipun.

Perjuangan adalah ALAT CERDIK yang digunakan alam untuk mendorong kita agar bertumbuh, berkembang dan maju. Tanpa perjuangan, sukses merupakan sesuatu yang mustahil -- bahkan sangat tidak mungkin. Tanpa berusaha keras, jangan pernah berharap mendapat sukses yang lebih baik. Dan kalau memang hidup ini mudah, tanpa perjuangan, semua orang tentu bisa melakukannya. Hidup adalah perjuangan dan hasilnya akan dinikmati oleh mereka yang mau berhadapan dengan kesulitan, yang mau mengalahkan kesulitan dan terus bergerak menghadapi tantangan berikutnya. Selamat berjuang dan berjuang !!!!!!


Salam,succes is my right
HELENA SOUISA