Kamis, 18 Oktober 2007

MENJALIN PERSAHABATAN YANG SESUNGGUHNYA



Sahabat, apa sih arti sahabat buat anda?seberapa pentingkah sahabat didalam diri anda?.Terkadang kita berpikir,sahabat mudah banget kita dapatkan,tapi sebenarnya tak semudah itu kita temukan sahabat yang sesungguhnya. Pasti dalam pikiran kita, jika kita mempunyai teman yang begitu akrab dengan kita maka kita akan menganggap dia sebagai sahabat atau best friend (bf). Padahal, kita tidak sadari apakah dia sahabat sejati yang sesungguhnya atau tidak?.
Ronny seorang remaja merasakan bahwa sudah delapan tahun ia bersekolah didaerahnya, tetapi selama itu juga ia tidak pernah berhasil mendapatkan satu sahabat pun!tidak satu pun. Pernahkah anda merasakan hal yang sama seperti Ronny atau mungkin anda pernah merasa gagal dalam berteman. Tetatpi persisinya,apa sahabat yang sejati itu? Dan apap rahasia untuk mendapatkan sahabat?.
Teman, persahabatan bukan hanya tempat mencurahkan perasaan kita saja tetapi seseorang yang mau mengakui dirinya sahabat ia akan menyadari bahwa anda beradadalam kesulitan atau kesalahan maka ia akan berupaya memeperingatkan anda sebelum terlambat.bahlkan, jika ia tahu bahwa anda mungkin tidak menyukai apa yang ia lakukan.
Guys, mencari sahabat tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi layaknya kita mencari sepatu yang kita inginkan, sebelum membeli kita harus melihat kualitas dari sepatu tersebut, sama alnya mencari sahabat yang musti dilihat adalah dari sikapnya dan perbuatatn seta pengabdian mereka kepada kita.s
Teman, inilah hal yang penting dalam menjalin persahabtan :
1. Jadilah terlebih seorang sahabat bagi orang lain.
2. menjadi pendengar setia. Karena, dalam persahabatan hal ini yang diperlukan karena sahabat membutuhkan sutua tempat curahan hati dia.
3. Tidak mementingkan diri sendiri tetapi kepentingan orang lain.
4. Jangan mengharapkan kesempurnaan. Jika suatu persahabatan dimulai dengan baik, jangan mengharapkan kesempuran dari dia. Ingat guys, persahabatan menurut pengorbanan– waktu dan emosi atau harus rela memberi.
Guys, pengorbanan untuk persahabtan tidak ada artinya dibandingkan dengan akibat tidak mau mengasihi– kehidupan yang hampa dan sepi. Jadi jalinlah persahabatan bagi orang lain dan hendaklah kita rela berkorban bagi sahabat kita serta tunjukkan perhatian yang tulus kepada mereka maka kita akan menjadi seorang sahabat yang berarti bagi orang lain.

Oleh: FRANKO SINGAL (XII IPS-A)