Senin, 29 Oktober 2007

PIKIRAN.........PIKIRAN


SIKAP BERPIKIR
Drs. Petrus Souisa, M.Ed
Seorang yang bijaksana, William James mengatakan: "Penemuan besar dari genarasi saya adalah bahwa manusia bisa mengubah sikap berpikirnya."

Manusia bisa mengubah kehidupannya dengan mengubah sikap berpikirnya. Disadari atau tidak, setiap tindakan yang kita pilih (apakah itu) --- makan, berbicara, berjalan-jalan, belajar, atau membaca koran didahului oleh dorongan pikiran.

Setiap tindakan atau kegiatan-kegiatan yang kita pilih merupakan akibat suatu pesan yang berasal dari otak kita yang dikirimkan melalui sistem saraf ke otot-otot kita untuk bertindak atau tidak bertindak. Semua kegiatan yang kita lakukan adalah hasil proses BERPIKIR.

Daniel Webster (1782-1852), negarawan dan ahli pidato Amerika mengatakan: Pikiran/berpikir adalah pengangkat segala sesuatu yang terbesar; pikiran manusia adalah proses yang pada akhirnya menjawab tujuan-tujuan manusia.

Kita dapat mengambil satu contoh orang besar yang tidak pernah menyerah menghadapi tantangan dan tahu bagaimana caranya mengubah bencana menjadi keberuntungan dengan mengubah sikap berpikirnya adalah pengalaman Thomas Alpha Edison :........pada bulan Desember 1914, laboratorium Thomas Edison yang besar di west orange, New Jersey mengalami kebakaran. Dalam waktu semalam, Thomas Edison kehilangan semua peralatan dan sebagian besar catatan pekerjaannya yang bernilai dua juta dolar. Putra Edison yaitu Charles Edison lari kesana kemari, dengan kalut berusaha menemukan ayahnya. Charles Edison memberikan kesaksiannya: pada waktu dia menemukan ayahnya, ayahnya sedang berdiri di dekat api. Wajahnya tampak kasar dalam nyala api, rambutnya yang putih berkibar-kibar ditiup angin. Charles Edison dalam kesaksiannya mengatakan: Hati saya sakit memikirkannya. Ayah saya sudah tidak muda lagi, dan segalanya habis dilahap api. Bilamana ayah melihat saya, dia berteriak : Charles cari ibumu dan ajak ibumu kemari. Ibumu tidak akan melihat apapun yang seperti ini selama hidupnya. Pada pagi, esoknya pada waktu Thomas Edison berjalan, disekeliling arang yang membara dari begitu banyak impian dan harapannya, waktu itu Edison sudah berumur 67 tahun. Dalam menghadapi bencana, sikap berpikirnya yang mengubah kehidupannya dikemudian hari. Dengan berjalan diatas orang yang membara ia mengatakan: "Ada NILAI yang besar sekali dari bencana ini, semua kesalahan yang pernah saya buat di Laboratorium ini sudah terbakar. Berkat Tuhan, kita bisa memulai dari awal kembali."

Thomas Edison mempunyai sikap yang amat berbeda terhadap hasil pekerjaannya, terhadap bencana yang ia alami. Ia memandang dan berpikir bahwa setiap kegagalan usahanya itu bukan sebagai suatu kegagalan, melainkan sebagai suatu sukses. Suatu sukses yang membawanya selangkah lebih dekat pada sasaran terakhirnya. Ia memusatkan perhatiannya pada sasaran yang ditujunya dan bersedia melakukan apa saja yang perlu agar dapat meraihnya. Dan pada akhirnya dia berhasil. Rahasia sukses terletak dalam cara berpikir kita. Sebagian besar, segala yang kita capai atau gagal kita capai dalam hidup adalah hasil langsung yang kita simpan di pikiran kita.

*Kita tidak dapat mengubah hidup kita dengan mencoba mengubah hidup kita,

*Kita tidak dapat mengubah tingkah laku kita dengan berusaha mengubah tingkah laku kita,

*Kita tidak dapat mengubah sikap kita dengan mencoba mengubah sikap kita,

*Kita tidak dapat mengubah harapan-harapan kita dengan mencoba mengubah harapan-harapan kita. Tetapi kita dapat mengubah hidup kita, dengan mengubah pemikiran kita, yang perlu di ubah adalah bagaimana cara berpikir kita. Hari ini kalau kita berpikir bahwa kita gagal, maka kita akan gagal. Kalau kita berpikir bahwa tidak mempunyai keberanian, ya kita tidak akan bernai. Bila hari ini ingin menang, tetapi berpikir bahwa kita tidak dapat menang, hampis pasti bahwa kita tidak akan menang.

Kunci sukses terletak dalam cara berpikir kita. Hidup kita akan diubah dengan merubah cara berpikir kita. Bagaimana kita berpikir menentukan akan menjadi apa anda.




Salam, success is my right

Petrus Souisa