Senin, 22 Oktober 2007

MENYONGSONG HARI SUMPAH PEMUDA





MAKNA SUMPAH PEMUDA


Oleh: Drs. Petrus Souisa,M.Ed.



Hari Sumpah pemuda mempunyai arti yang sangat penting. Hari sumpah pemuda adalah pangkal dari perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

79 tahun yang lalu, terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan serangkaian kegiatan yang bertalian dengan kebangkitan Nasional. Pada waktu itu kalangan Pemuda Indonesia banyak bergerak dalam kegiatan Organisasi Kepemudaan yang bersifat Kedaerahan, misalnya Jong Java , Jong Celebes, Jong Sumatra, Sekar Rukun, Jong Ambon dan masih banyak lagi Organisasi Pemuda yang lainnya, melalui Kematangan dalam berpikir pada waktu itu organisasi-organisasi Pemuda yang ada diupayakan bergabung menjadi sebuah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Organisasi-organisasi Pemuda yang bersatu untuk pertama kalinya di lakukan pada tahun 1926 melalui Konggres Pemuda I . Dan dalam upaya mempersatukan organisasi Pemuda - pada Konggres pemuda yang kedua tanggal 28 Oktober 1928, telah melahirkan Sumpah Pemuda dengan ikrar yang isi pokoknya menyatakan : Satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa.

Pada setiap tanggal 28 Oktober, tiap tahun tanggal ini kita peringati bersama sebagai hari Sumpah Pemuda.

Makna apa yang dapat kita ambil dari hari Sumpah Pemuda ????


1. Sumpah Pemuda merupakan tonggak Sejarah yang tidak boleh diabaikan.

Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda berarti kita tidak melupakan begitu saja. Pada tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia sudah menunjukkan tekadnya sebagai bangsa yang merdeka, sebagai bangsa yang kuat bersatu, sebagai bangsa yang mampu berdiri sendiri, dan sebagai bangsa yang mempunyai keyakinan atas masa depannya.

2. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda berarti kita mengakui dan memiliki tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Kita tidak hanya bangga mengakui dan memiliki ( ........... ) tetapi yang terpenting Sumpah Pemuda adalah Sumpahnya bangsa Indoneseia yang wajib kita lestarikan (kita lestarikan semangat persatuan kesatuan bangsa Indonesia).


Dengan semangat Sumpah Pemuda , dengan bertanah air satu tanah air Indonesia, dengan berbangsa satu bangsa Indonesia dan dengan berbahasa satu bahasa Indonesia, kita wujudkan cita-cita luhur bangsa kita dengan lebih baik. Dengan semangat Sumpah Pemuda, dengan Semangat yang baru, marilah Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan kita jalani ini kita jadikan titik tolak untuk selalu menyegarkan ingatan kita akan tugas dan kewajiban sebagai Pemuda generasi penerus yaitu generasi untuk mencapai dan membangun masa depan yang lebih baik.

Dengan semangat Sumpah Pemuda dalam memasuki masa depan yang lebih baik kita tanggalkan dan buang jauh-jauh kebiasaan-kebiasan yang kurang baik.


Salam, Succes is my right

Petrus Souisa.