Selasa, 09 Oktober 2007

MEMILIH TARGET


BAGAIMANA MEMILIH TARGET SEBAGAI SALAH SATU CARA UNTUK MENCAPAI SUKSES DALAM BELAJAR


Kamus besar bahasa Indonesia halaman 905 dikatakan bahwa Target yang dimaksudkan disini adalah Sasaran tertentu yang telah ditetapkan untuk dicapai.
Sasaran yang ingin dicapai, dibagi secara jealas dari mana kita memulai dan sampai batas mana, serta apa yang ingin kita peroleh. Dengan demikian langkah kita dalam belajar akan terasa lebih jelas.

Sebagai contoh : Seorang penyelam mutiara, yang menyelami laut yang maha luas, tidak akan sukses bila di daerah itu tidak terdapat mutiara. Tetapi bilamana ia sudah mengetahui bahwa di suatu daerah tertentu ada mutiaranya maka segala kegiatannya akan diarahkan menuju daerah itu.
Menyadari akan penting suatu Target dalam belajar, saya ingin kita semua memikirkan bersama-sama bagaimana caranya kita membuat target, agar target itu tidak merugikan kita atau orang lain.
Hal yang paling utama yang harus kita pertimbangkan adalah diri kita sendiri yaitu dengan mengenal diri sendiri. Mengenal kekuatan serta kelemahan kita. Kekuatan dan kelemahan yang meliputi Inteligensi dan fisik. Misalnya : Kalau anda adalah orang yang berinteligensi tinggi serta berbadan sehat maka target yang anda buat tentunya akan berbeda dengan seorang yang berinteligensi tinggi tetapi sering sakit-sakitan atau dalam keadaan kondisi yang lain.
Hal yang kedua yang harus kita pertimbangkan adalah menenal bahan pelajaran. Menenal diri sendiri masih belum cukup. Langkah berikutnya adealah mengenal bahan pelajaran. Ada pelajaran yang terasa sulit dipelajari, namun ada pula pelajaran yang mudah di pelajari. Oleh sebab itu dalam membuat TARGET bahan yang terasa sulit di pelajari membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak dari pada pelajaran yang mudah. Dan kita berani membuat Target demikian, menyediakan waktu lebih banyak untuk bahan pelajaran yang sulit oleh karena target yang kita buat bukan soal membaca saja, tetapi bahan pelajaran yang perlu dimengerti, dipahami dan dihayati.
Hal yang ketiga yang perlu kita pertimbangkan adalah situasi yang berbeda. Untuk setiap orang memiliki situasi yang berbeda. Dalam kaitan dengan Target, situasi tidak terlepas dari waktu untuk belajar. Karena perbedaan situasi maka waktu belajar yang kita milipun berbeda. Situasi belajar dirumah tentu berbeda dengan situasi belajar di sekolah berasrama. Dan hal ini yang menjadi salah satu alasan dari orang tua mengirimkan anaknya ke sekolah berasrama. Waktu untuk belajar sebenarnya lebih banyak dan teratur dibandingkan kalau belajar di rumah.

Dengan memiliki TARGET sebagai salah satu cara untuk mencapai sukses dalam belajar, maka ada banyak keuntungan yang dapat kita petik :
* waktu dapat dimanfaatkan dengan baik
* pelajaran dapat di kuasai sepenuhnya
* fisik tetap sehat dan tujuan serta sasaran tercapai lebih baik.
* dan belajar dengan TARGET berarti kita dapat belajar lebih tenang, percaya pada diri sendiri dan dapat menikmati kehidupan sebagai seorang pelajar dengan hasil belajar yang lebih memuaskan.
Semoga petunjuk singkat dalam memilih target dalam memotivasi siswa Slapur khususnya yang tidak lama lagi akan menghadapi Ujian Pertengahan Semester 25 Oktober 2007 s/d 30 Oktober 2007.

Salam, Succes is my right
Petrus Souisa
Helena Souisa