Senin, 08 Oktober 2007

JAGALAH HATIMU


RENUNGAN :

Amsal 4:23

"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."



Hati merupakan organ tubuh yang paling besar --- mempunyai berat sampai dua setengah kilogram, pada orang dewasa terletak di rongga perut sebelah kanan, tepat dibawah diafragma. Belakangan ini dari berbagai ilmu pengetahuan menaruh perhatian terhadap hati. Sampai pada tahun 60 -an HATI ini kurang mendapat perhatian, para pakar masih belum mau ambil pusing dengan organ satu ini, mereka lebih mementingkan organ-organ atau penyakit lain yang dianggap jauh lebih penting. Misalnya saja jantung dan penyakit kanker yang waktu itu sering dibicarakan. Baru belakangan ini,setelah jumlah penderita penyakit hati bertambah, para pakar mulai memperhatikan organ yang bersel busa ini. Setelah dipelajari oleh para pkar, baru terbukti bahwa HATI, merupakan pertahanan garis depan bagi tubuh manusia terhadap semua bahan makanan dan minuman. Diungkapkan oleh para pakar rahasia dibalik organ tubuh hati, tugas yang paling dikenal dari hati adalah :

* Mengubah karbohidrat menjadi glycogen.

* Kemudian mengubah zat-zat lemak (seperti minyak, kolesterol, dan vitamin yang larut dalam lemak) dan protein menjadi zat biokimia yang berguna bagi tubuh.

* Menyaring racun-racun yang tinggal dibutir-butir darah merah "menyulapnya" menjadi bahan kimia yang tidak berbahaya dalam bentuk kotoran badan yang merupakan salah satu tugasnya.

* Menghancurkan butir-butir darah merah yang sudah kekaluwarsa dan menciptakan butir darah merah yang segar dan kewajiban yang harus dilakukan oleh organ tubuh hati ini.

* Dan terakhir yang tidak kalah penting -- hati harus mengatur pembagian jatah zat-zat yang sudah di olah tadi ke seluruh tubuh, dengan sel-sel kecilnya yang menyerupai busa, hati harus menyalurkan zat nutrisi yang sesuai untuk 5o trilyun sel berbeda di dalam tubuh.

Dan tidak heran, karena begitu pentingnya tugas dari pada HATI, Raja Sulaiman menekankan dan menganjurkan kepada kita untuk menjaga hati kita dengan penuh ketekunan. Sebagai orang yang percaya/orang yang beriman pusaka yang paling berharga dalam kehidupan rohani kita adalah HATI. Dimana tersimpan harta yang berharga seperti Kesucian,Kesetiaan kepada Allah, Percaya, Kasih dan Kemurnian.

Biarlah melalui berkat Tuhan masing-masing kita memohon hikmat dan akal budi dalam memelihara hati dan mau senantiasa belajar untuk menjaga serta memberikan hati yang sehat. Dengan memiliki hati yang sehat, maka didalam kehidupan kita akan memancarkan kehidupan yang sehat sebagaimana dikatakan oleh raja yang bijaksana Salomo : "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."


Salam, Succes is my right

HELENA SOUISA